Visi dan Misi SD Negeri Poncol 4
VISI Sekolah :Adapun indikator ketercapaian dari visi sesuai dengan variabelnya antara lain:
1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, melaksanakan kewajiban beribadah sesuai keyakinannya masing-masing dan terbentuklah generasi sesuai dengan karakter yang dimiliki.
2. Disiplin, memiliki keyakinan dan komitmen yang kuat untuk mewujudkan cita-cita hidup.
3. Kreatif, berproses demi menemukan kemampuan untuk dapat menciptakan atau daya cipta untuk dapat menghasilkan sesuatu yang baru, berbeda serta juga orisinil yang berguna bagi orang lain.
4. Aktif, menciptakan generasi yang tangkas, andal, bersungguh-sungguh dan cakap.
5. Ramah, memiliki sikap baik hati dan menarik budi bahasanya, santun tutur kata dan menyenangkan.
6. Inovatif, menghasilkan sesuatu yang baru.
Dalam rangka mewujudkan Misi tersebut, sekolah berusaha menerapkan peraturan yang ketat sesuai dengan kedudukan masing-masing dan menjalin komunikasi yang baik untuk menjamin hubungan kerja yang harmonis.
Misi Sekolah
Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah, Sekolah Dasar Negeri Poncol 4 menjabarkan misi sekolah sebagai berikut:
1. Membangun lingkungan sekolah yang membentuk peserta didik memiliki akhlak mulia melalui rutinitas kegiatan keagamaan dan menerapkan ajaran agama melaui cara berinteraksi di sekolah.
2. Mengembangkan dan memfasilitasi peningkatan prestasi peserta didik sesuai minat dan bakatnya melalui proses pendampingan dan kerja sama dengan orang tua.
1. Merancang pembelajaran yang menarik dan menyenangkan yang mampu memotivasi peserta didik untuk selalu belajar dan menemukan pembelajaran.
2. Mengembangkan kemandirian, nalar kritis dan kreativitas yang memfasilitasi keragaman minat dan bakat peserta didik.
3. Mengembangkan program sekolah yang membentuk ide dan gagasan cepat tanggap terhadap perubahan yang terjadi untuk merancang inovasi.
Membangun lingkungan sekolah yang bertoleransi dalam kebhinekaan global, mencintai budaya lokal dan menjunjung nilai gotong royong.
Tujuan Sekolah
Tujuan
yang
diharapkan
oleh Sekolah
Dasar Negeri Poncol 4 dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
Tujuan sekolah dijabarkan berdasarkan tujuan umum
pendidikan, visi dan misi sekolah. Berdasarkan tiga hal tersebut dapat
dijabarkan tujuan Sekolah Dasar Negeri Poncol 4 sebagai berikut:
1. Tujuan Jangka Pendek
(1 Tahun ke depan)
a.
Meningkatkan
Keimanan dan Ketaqwaan yang diwujudkan dengan pengamalan agama dalam kehidupan
sehari-hari
b.
Meraih
pretasi akademik dan non akademik secara optimal.
c.
Mencerdaskan
peserta didik dan meningkatkan profesionalisme guru sehingga menjadi sekolah
unggul dan di minati Masyarakat
d.
Menguasai
dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni budaya sebagai bekal
untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi
e.
Mengembangkan
bakat dan minat siswa sesuai dengan potensi yang dimiliki peserta didik
sehingga siap terjun di lingkungan masyarakat.
a.
Menjadikan
sekolah sebagai pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar
2. Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun
ke depan)
a. Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan
kognitif peserta didik mengarahkan pada
keterampilan dan kecakapan hidup
sesuai bakat dan
minatnya.
b. Sekolah mampu melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid
dengan
sistem digitalisasi.
c. Meningkatkan kemampuan
peserta didik dalam menghafal surat-surat pendek.
d. Membudayakan
gerakan kebersihan sebagian
daripada iman.
e. Meningkatkan
kecintaan
dan kebanggan
terhadap
potensi daerah.
f. Melakukan
kerjasama
dengan stakeholder daerah atau Corporate
Social
Responsibility (CSR)
perusahaan untuk merancang program pembelajaran
berbasis budaya lokal.
g. Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan
solusi dalam kehidupannya.
h. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal
dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan
potensi peserta didik.
3. Tujuan Jangka Panjang
(4 tahun ke depan)
a. Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi ciri khas sekolah.
b. Menghasilkan
lulusan yang
memiliki mental pembelajar sejati.
c. Membentuk peserta didik yang berakhlakul mulia dan selalu peduli sosial dalam
toleransi beragama.
d. Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya lokal.
e. Menjalin kerjasama dengan pihak luar (sanggar, perguruan tinggi, dan dunia usaha dan industri) untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta didik.
f. Membudayakan
lingkungan belajar dan
karakter
inovatif
cepat
tanggap di
lingkungan sekolah.
g. Membangun budaya dan kultur sekolah
yang
kompetitif yang positif.
h. Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta didik.